Persaingan Trio Hewan MPV Bonnet

Toyota Kijang, Isuzu Panther, dan Mitsubishi Kuda merupakan mobil yang fenomenal sebagai mobil serbaguna, mobil keluarga maupun mobil idaman orang Indonesia. Pada awalnya Toyota Kijang memiliki sejarah yang cukup panjang terkait kerjasama antara Indonesia dan Jepang yang terealisasi sejak tahun 1977. Pada saat itu bisa dibilang mobil ini merupakan sebuah mobil uji coba dengan mesin yang sama dengan Toyota Corolla namun dengan basis pick up.

Seiring dengan berjalannya waktu, pada November 1986, konsep Kijang sebagai kendaraan angkut mulai bergeser sebagai kendaraan penumpang dan dari segi dimensi, Kijang minibus ini dapat menampung kapasitas penumpang yang lebih banyak serta memiliki ruang kabin yang lapang. Kemudian pada tahun 1991, Toyota Kijang sendiri baru memiliki rival yang sepadan, yaitu Isuzu Panther.

Isuzu Panther hadir dengan konsep yang sama dengan Toyota Kijang namun dengan pilihan mesin diesel. Perseturuan kedua model ini cukup sengit antara Toyota Kijang dengan Isuzu Panther. Pada saat itu bodi dari kedua mobil ini belum menerapkan sistem fully pressed body, sehingga masih terdapat banyak sambungan las dan juga dempul pada bodi mobil.

Pada tahun 1992, Toyota memulai penerapan sistem fully pressed body yang membuat mobil ini menjadi semakin bagus dan kokoh. Kemudian penerapan sistem ini disusul juga oleh Isuzu pada tahun 1993. Dari segi desain, kedua mobil ini masih menganut model boxy dengan lampu depan yang berbentuk kotak serta desain belakangnya menganut model 3/4 pada bukaan pintu bagasi. Namun apabila ditarik satu garis streamline, dapat dilihat bahwa Toyota Kijang tampak terlalu kaku dengan pilar A kaca depan yang begitu tegak. Pada tahun 1995, Kijang sudah dibekali dengan mesin bensin yang berkapasitas 1800 cc.

Kemudian pada tahun 1996, Isuzu Panther mengalami facelift pada bagian fascia serta penggantian mesin dengan kapasitas 2500 cc. Lalu pada tahun 1997, Toyota melakukan sebuah gebrakan dengan meluncurkan Kijang generasi keempat yang memiliki bodi yang berubah total sehingga disebut Kijang Kapsul. Di Kijang generasi keempat, desain dari mobil ini tampak lebih modern serta tersedia 2 pilihan mesin, yaitu mesin bensin 1800 cc dan mesin diesel 2400 cc.

Pada tahun 1999, Mitsubishi juga ikut berbisnis di segmen gemuk ini. Mitsubishi pun meluncurkan Mitsubishi Kuda dengan pilihan 2 mesin, yaitu mesin bensin 1600 cc dan mesin diesel 2500 cc. Pada saat itu, desain Mitsubishi Kuda masih sama seperti Panther yang memiliki bukaan pintu bagasi 3/4.

Kemudian pada tahun 2000, Toyota telah meluncurkan varian baru dari Kijang, yaitu Kijang bermesin 2000 cc bensin. Lalu pada tahun yang sama, Isuzu melakukan sebuah gebrakan dengan meluncurkan Panther generasi ketiga yang memiliki bodi yang berubah total. Di Panther generasi ketiga, desain dari struktur bodi Panther ini tampak lebih modern serta penambahan turbo pada mesin untuk varian Touring dan LS A/T. Setelah Isuzu meluncurkan Panther generasi ketiga, Panther juga dipasarkan dalam varian mesin bensin dengan merek dan nama yang berbeda, yaitu Chevrolet Tavera.

Kemudian pada tahun 2002, Kuda mengalami facelift pada bagian fascia serta penambahan varian mesin bensin 4G63 dengan kapasitas 2000 cc. Perubahan desain belakang pada Mitsubishi Kuda pun sudah memakai pintu bagasi model bukaan ke atas. Lalu pada tahun 2004, Mitsubishi telah meluncurkan Kuda generasi terbaru dengan penampilan yang berbeda pada bagian fascia. Pada Kuda tahun 2004, perubahan yang terjadi pada mobil ini terdapat pada desain lampu depan yang berbentuk oval, desain grille yang mirip seperti Mitsubishi Lancer, pemindahan lampu belakang ke pilar D, dan sistem peletakan ban cadangan di belakang untuk tipe Grandia. Setelah Mitsubishi meluncurkan Kuda generasi terbaru, Isuzu juga meluncurkan Panther generasi terbaru dengan penampilan yang berbeda pada bagian fascia.

Seiring dengan perkembangan zaman, Kijang kembali diperbaharui pada tahun 2004 dan dipasarkan dengan nama Kijang Innova. Di Kijang generasi ini, mobil ini telah mengalami perubahan yang cukup drastis jika dibandingkan dengan Kijang generasi sebelumnya. Kijang Innova hadir di Indonesia dengan 3 pilihan mesin, yaitu mesin bensin 2700 cc, mesin bensin 2000 cc, dan mesin diesel 2500 cc. Untuk varian mesin 2700 cc, masa produksi mobil ini sangat singkat sekali. Terjual hanya beberapa ratus unit saja untuk Innova 2700 cc. Setelah Toyota meluncurkan Kijang Innova, pada tahun 2005 penjualan Mitsubishi Kuda dihentikan oleh Mitsubishi.

Karakteristik pada Ketiga Mobil Ini

  • Sama-sama memakai nama binatang.
  • Sama-sama memiliki bonnet.
  • Sama-sama memakai sasis ladder frame.
  • Sama-sama berpenggerak roda belakang.

Lampiran

Penamaan Trio MPV Hewan di Luar Negeri

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Isuzu Panther Berbahan Bakar Minyak Jelantah

Isuzu Panther Memang Pinter

Sejarah Isuzu Panther