Sejarah Isuzu Panther

Isuzu Panther adalah kendaraan Diesel serbaguna yang dibuat Isuzu di Indonesia untuk pasar Asia. Kendaraan ini dirakit berdasarkan sasis dan model yang hampir mirip dengan Toyota Kijang. Model ini sangat cocok untuk membawa penumpang atau barang. Panther dirancang sesuai dengan kondisi iklim, kondisi jalan, serta cocok dengan budaya setempat yang bersifat kekeluargaan.

Selain di Indonesia, Panther juga diproduksi di Filipina dengan nama Isuzu Crosswind, Vietnam dengan nama Isuzu Hi-Lander, dan di India dengan nama Chevrolet Tavera.

Isuzu Panther Kotak

Isuzu Panther Kotak diperkenalkan pada tahun 1991 dalam bentuk pick up dan station wagon buatan pabrik karoseri. Pada saat itu, mobil ini dibekali dengan mesin diesel Isuzu C223 yang menghasilkan tenaga kuda sebesar 73 PS / 4300 rpm dan torsi sebesar 14,2 Kgm / 2400 rpm. Pada tahun 1993, Isuzu Panther Station Wagon sudah menggunakan karoseri buatan anak perusahaan Astra, yaitu PT Pulogadung Pawitra Laksana (PPL). Varian dari Isuzu Panther PPL ini terdiri dari varian short chassis, Standar, Deluxe, Grand Deluxe, Royal Hi-GLX, dan Hi-Grade.

Pada tahun 1996, Isuzu Panther Kotak mengalami facelift. Perubahan dari mobil ini adalah terdapat pada bagian lampu depan, grille, dan pergantian mesin dari mesin 2.3 indirect injection ke mesin 2.5 direct injection. Isuzu Panther Kotak 2.5 ini tersedia dalam tipe pick up, short chassis, New Super, Deluxe, Royale, Grand Royale, Sporty, Hi-Sporty, dan Hi-Grade. Pada varian Sporty, Hi-Sporty, dan Hi-Grade, ketiga varian tersebut memiliki body kit serta memiliki ban besar untuk varian Sporty dan Hi-Sporty. Pada tahun 1999, tipe Royale dan Grand Royale diganti dengan tipe New Royale.

Setelah Isuzu Panther Kapsul diperkenalkan, Isuzu Panther Kotak 2.5 yang varian pick up masih terus diproduksi. Isuzu Panther Pick Up ini tersedia dalam tipe Standard, Flat Deck, dan GD 3-Way. Grille depan pada Isuzu Panther Pick Up ini sudah mengalami facelift pada tahun 2005 dan 2009 dan perubahan pada lampu utama yang sudah memakai lampu kristal multireflektor. Pada tahun 2007 Isuzu Panther Pick Up sudah berganti nama menjadi Isuzu Pick Up dan sudah diberikan turbocharger untuk memenuhi standar emisi Euro 2. Grille depan pada Isuzu Pick Up facelift 2009 ini mirip dengan grille pada Isuzu Panther Kapsul facelift 2009.

Isuzu Panther Kapsul

Isuzu Panther Kapsul diperkenalkan pada tanggal 6 September 2000 di Gaikindo Auto Expo ke-10 dengan desain yang membulat dan aerodinamis. Mobil ini memiliki desain dashboard yang sama dengan Isuzu VehiCROSS dan Isuzu MU. Varian dari Panther Kapsul ini hanya tersedia dalam versi station wagon dengan mesin diesel 2.5 direct injection yang sama dengan Panther Kotak serta sudah memakai lampu kristal multireflektor. Isuzu Panther Kapsul ini tersedia dalam tipe SM, SV, dan SS untuk sasis pendeknya, sedangkan untuk sasis panjangnya terdiri dari tipe LM, LV, dan LS. Perbedaan antara sasis pendek dan panjang terdapat pada ukuran wheelbase-nya. Jarak wheelbase antara sasis pendek dan panjang adalah 200 mm.

Pada akhir tahun 2001, muncullah Panther Touring yang diperkenalkan sebagai varian SUV dari Isuzu Panther Kapsul dengan mesin diesel turbocharger 4JA1-L, warna eksterior dual tone yang dipadukan dengan body kit plus pelindung bumper depan, ground clearance yang lebih tinggi, ban cadangan yang terpasang di pintu bagasi, dan kemudi empat palang (kemudian juga digunakan pada varian LS pada tahun 2003). Pada saat itu, lampu belakang Isuzu Panther sudah memakai lampu kristal multireflektor untuk varian LV, LS, dan Touring. Pada akhir tahun 2002, Isuzu Panther Kapsul tidak lagi menggunakan seal karet dan menggunakan lem sealant di kedua sisi kaca baris ketiga dan kaca pada pintu bagasi serta penambahan varian baru dari Isuzu Panther, yaitu Panther LV Adventure. Pada saat itu varian Panther sasis pendek sudah discontinue.

Pada Agustus 2004, Isuzu Panther Kapsul mengalami facelift. Perubahan dari mobil ini adalah terdapat pada bagian lampu depan, grille, bumper depan, velg, dan garnish dengan emblem Panther pada pintu bagasi. Isuzu Panther Kapsul facelift 2004 ini tersedia dalam tipe LM, Smart, LV, LV Adventure, LS, LS Turbo, Touring, dan Grand Touring. Pada tahun 2007, semua varian Panther sudah diberikan turbocharger untuk memenuhi standar emisi Euro 2 dan dihilangkan Panther varian LM. Grille depan pada Panther Kapsul facelift 2004 ini sudah mengalami penyegaran pada tahun 2009 dan desain lampu belakangnya sudah mengalami penyegaran pada pertengahan tahun 2011. Pada tahun 2013, Isuzu Panther Kapsul sudah mengalami penyegaran pada hiasan pintu bagasi untuk varian LS, Touring, dan Grand Touring serta pemindahan ban cadangan dari pintu bagasi ke kolong mobil untuk varian Touring dan Grand Touring. Pada saat itu Panther varian LV Adventure sudah discontinue.

Isuzu Panther Matic

Sejak peluncuran Isuzu Panther Kapsul, Isuzu pernah mengeluarkan Panther varian transmisi otomatis yang dibekali dengan mesin diesel turbocharger 4JA1-L. Kemudian pada tahun 2007, Isuzu Panther yang varian transmisi otomatis sudah discontinue.

Lampiran tentang Isuzu Panther

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Isuzu Panther Berbahan Bakar Minyak Jelantah

Isuzu Panther Memang Pinter