Mitsubishi Kuda, Pesaing Panther dari Mitsubishi

Mitsubishi Kuda adalah sebuah MPV yang diproduksi oleh Mitsubishi untuk pasar Asia. Mobil ini pertama kali diluncurkan di luar negeri pada tanggal 11 September 1997 kemudian muncul Indonesia pada tahun 1999 untuk menyaingi Toyota Kijang dan Isuzu Panther. Mitsubishi Kuda hadir di Indonesia dengan 3 pilihan mesin, yaitu mesin bensin 1600 cc, mesin bensin 2000 cc, dan mesin diesel 2500 cc.

Di luar negeri, mobil ini dijual dengan merek dan nama yang berbeda, seperti halnya di Taiwan dengan nama Mitsubishi Freeca, China dengan nama Soueast Freeca, Filipina dengan nama Mitsubishi Adventure, Vietnam dengan nama Mitsubishi Jolie, dan di Afrika Selatan dengan nama Africar Landio/Jockey.

Generasi Pertama

Pada tahun 1999, Mitsubishi Kuda tersedia dalam varian GLX Bensin, GLS Bensin, Super Exceed Bensin, GLX Diesel, dan GLS Diesel. Kemudian pada tahun 2000, Mitsubishi telah meluncurkan varian baru dari Kuda, yaitu Kuda varian Super Exceed Diesel. Perbedaan antara Kuda bensin dan diesel terdapat pada ukuran sasis dan tinggi mobilnya. Ukuran sasis pada Kuda diesel lebih panjang daripada Kuda bensin dan ukuran tinggi mobil pada Kuda diesel lebih tinggi daripada Kuda bensin. Pada Kuda generasi ini, desain belakang dari mobil ini masih sama seperti Panther Kotak yang memiliki bukaan pintu bagasi 3/4.

Generasi Kedua

Pada bulan Maret tahun 2002, Mitsubishi telah meluncurkan generasi kedua dari Kuda dengan perubahan nama varian, di mana Super Exceed menjadi Grandia, GLS menjadi Diamond, dan GLX menjadi Deluxe. Pada generasi ini pula tersedia mesin bensin 2000 cc multi point injection untuk varian sasis panjang. Perbedaan tinggi atap pada generasi ini sudah tidak berlaku lagi karena seluruhnya memakai atap meninggi. Perubahan lain yang dapat dijumpai adalah hilangnya pintu bagasi 3/4 dan digantikan pintu bagasi model bukaan ke atas.

Generasi Ketiga

Pada bulan Juni tahun 2004, Mitsubishi telah meluncurkan generasi ketiga dari Kuda dengan perubahan pada desain lampu depan yang berbentuk oval, desain grille yang mirip seperti Mitsubishi Lancer, pemindahan lampu belakang ke pilar D, dan sistem peletakan ban cadangan di belakang untuk tipe Grandia. Setelah Mitsubishi meluncurkan Kuda generasi ketiga, pada tahun 2005 penjualan Mitsubishi Kuda dihentikan oleh Mitsubishi.

Mitsubishi Freeca Pick Up

Selain memproduksi MPV, Mitsubishi Kuda juga diproduksi dalam bentuk pick up. Mobil ini dijual di Taiwan dengan nama Mitsubishi Freeca Pick Up.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Isuzu Panther Berbahan Bakar Minyak Jelantah

Isuzu Panther Memang Pinter

Sejarah Isuzu Panther